Bangkitkan Sugesti Positif Pribadi Menuju Motivasi Positif peserta Didik

Melalui Media zoom webinar Kelas C.PHT yang dilangsungkan Tanggal 21-23 Oktober Pukul 19.00 WIB lalu, saya banyak belajar terkait ilmu Hypnoteaching yang dibawakan oleh ‘Coach Sasha’ sangat luar biasa dan membantu peran saya sebagai pendidik bagi anak dan peserta didik di kala mengajar di kelas nanti. Materi yang diberikan begitu mudah dipahami. Dan saya akui karakter setiap individu berbeda, melalui tes pengenalan karakter dengan menggunakan media yang sedang viral sekarang dalam bentuk :  dalam hal ini bentuk tugas gambar yang diberi selalu mengingatkan Drakor yang pernah saya tonton yaitu tehnik bertahan hidup untuk mencapai sesuatu, menurut persepsi saya sangat bagus mengenal karakter peserta didik untuk menemukan TUJUAN dan persepsi sama sehingga kelas menjadi menarik untuk diikuti dalam mencapai target belajar.

Hypnoteaching merupakan perpaduan pengajaran yang melibatkan pikiran sadar dan bawah sadar. Hypnoteaching ini merupakan metode pembelajaran kreatif, unik, sekaligus imajinatif. Sebelum pelaksanaan pembelajaran, para anak didik sudah dikondisikan untuk siap belajar. Dengan demikian, anak didik mengikuti pembelajaran dalam kondisi yang segar dan siap untuk menerima materi pelajaran. Untuk mempersiapkan hal-hal tersebut, tentu guru dituntut stabil baik secara psikologis, maupun secara psikis, akhirnya mempunyai kesiapan yang penuh dalam mengajar para anak didiknya (Novian Triwidia jaya dalam Yustisia 2012: 76).

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hypnoteaching merupakan tehnik dan seni mengajar yang menggunakan sugesti-sugesti positif dengan cara merubah gelombang otak yang menjadikan proses pembelajaran semakin efektif dengan kondisi kesiapan mental peserta didik yang bagus dalam pembelajaran. Peserta didik juga merasa lebih nyaman dan penuh rasa ketertarikan hal ini tentunya sangat menunjang proses pembelajaran dan Pendidik dapat merasa tujuan yang akan dicapai terpenuhi.

Kata Coach sugesti positif akan terjadi jika kita memang niat sepenuh hati bahwa hal yang kita idamkan akan terpenuhi atau tercapai. Oleh sebab itu kita perlu perbaiki karakter pribadi terlebih dahulu dengan hal-hal positif sebelum menuangkan nya kepada anak dan peserta didik. Semua hal positif kita lah yang ciptakan dan tujuan yang diinginkan semua dibangun dari niat positif. Insha Allah ilmu yang saya dapatkan, akan saya terapkan dalam mendidik. Mari bersama Say to “POSITIF” semangat menjadi pendidik yang luar biasa. Terimakasih AR Learning atas pelatihan yang diberikan, special “Coach Shasa” beserta panitia yang super.