GAMBARAN PENGETAHUAN DAN STATUS GIZI IBU HAMIL TERHADAP KEJADIAN ANEMIA DI BLUD RS KABUPATEN KONAWE TAHUN 2017

Nur Amalia

Akbid Yayasan Pendidikan Konawe

Jl. DII Panjaitan No. 217 Kel. Touy Kec. Unaaha Kab. Konawe

ABSTRAK

Terjadinya anemia pada ibu hamil salah satu penyebabnya yaitu ibu yang mengalami masalah gizi yaitu status gizi KEK yang disebabkan asupan makan yang kurang, kurangnya pemanfaatan perawatan selama kehamilan atau ANC (Antenatal Care) pada ibu selama kehamilan berlangsung. Berdasarkan data pendahuluan dari BLUD RS Kabupaten Konawe  peneliti melakukan wawancara kepada ibu hamil sebanyak 8 orang dan dari hasil wawancara tentang pengetahuan anemia, diketahui ibu yang memiliki pengetahuan kurang tentang anemia sebanyak 5 orang (63 %), dan ibu memiliki pengetahuan baik sebanyak 3 orang (37 %). pada periode Januari-Mei 2017 ibu hamil 174 orang, angka kejadian anemia sebanyak 21 orang (12 %) dan yang tidak anemia 153 orang (88 %). Melihat data kejadian anemia pada 5 bulan terakhir, ini menandakan bisa saja meningkat pada bulan berikutnya jika tidak di deteksi lebih awal. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti “Gambaran Pengetahuan dan Status Gizi Ibu Hamil Terhadap Kejadian Anemia  Di BLUD RS Kabupaten Konawe”.

Jenis Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu hamil di BLUD RS Kabupaten Konawe Tahun 2017 adalah berjumlah sebanyak 174 orang ibu hamil. Sedangkan jumlah sampel yang di ambil adalah sebanyak 35 responden dengan cara purposive sampling.

Penelitian dari 35 responden terdapat 14 orang (40%) dan tidak mengalami anemia sebanyak 21 orang (60%). Berdasarkan pengetahuan dari 35 responden, sebanyak 1 orang (2,9%) memiliki pengetahuan baik, 18 orang (51,4%) yang berpengetahuan cukup dan 16 orang (45,7%) memiliki pengetahuan kurang. Dan berdasarkan status gizi 35 responden sebagian besar status gizinya baik, yaitu sebanyak 25 orang (71,4%) dan yang status gizinya kurang sebanyak 10 orang (28,6%).

Kata Kunci : Pengetahuan, status gizi, kejadian anemia