Jurnal Mahasiswa Hubungan Pelaksanaan Asuhan Ibu dengan Proses Persalinan

HUBUNGAN PELAKSANAAN ASUHAN SAYANG IBU DENGAN PROSES PERSALINAN DI RUANG BERSALIN BLUD RUMAH SAKIT KABUPATEN KONAWE

Yuliana

Akbid Yayasan Pendidikan Konawe

Jl. DII Panjaitan No. 217 Kel. Touy Kec. Unaaha Kab. Konawe

 ABSTRAK

Asuhan sayang ibu adalah asuhan yang saling menghargai budaya, kepercayaan dari keinginan sang ibu pada asuhan yang aman selama proses persalinan serta melibatkan ibu dan keluarga sebagai pembuat keputusan, tidak emosional dan sifatnya mendukung. Berdasarkan studi pendahuluan di Ruang Bersalin BLUD Rumah Sakit Kabupaten Konawe ditemukan data dari Januari sampai dengan Maret 2017 jumlah pasien bersalin yaitu 218 ibu, yang terdiri dari 92 ibu melahirkan normal dan 126 ibu melahirkan section caesarea (SC). Data tersebut menunjukkan bahwa proses persalinan dengan cara SC lebih banyak daripada persalinan normal. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti Hubungan Pelaksanaan Asuhan Sayang Ibu dengan Proses Persalinan di Ruang Bersalin BLUD Rumah Sakit Kabupaten Konawe.

Untuk mengetahui Hubungan Pelaksanaan Asuhan Sayang Ibu dengan Proses Persalinan Ruang Bersalin BLUD Rumah Sakit Kabupaten Konawe. Menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain analitik dan menggunakan pendekatan studi cross sectional.

Penelitian dengan jumlah sampel 68 orang menemukan pelaksanaan asuhan sayang ibu dilakukan pada 40 (58.8%) responden dan 28 (41.2%) responden tidak menerima asuhan sayang ibu. Proses persalinan yang responden alami yaitu sebanyak 38 (55.9%) bersalin secara normal dan 30 (44.1%) responden bersalin secara abnormal. Terdapat  hubungan yang signifikan antara pelaksanaan asuhan sayang ibu dengan proses persalinan di Ruang Bersalin BLUD Rumah Sakit Kabupaten Konawe dengan nilai ρ<ɑ (0.000 <0.05) yang berarti Ha diterima.

Kata Kunci : Asuhan Sayang Ibu, Proses Persalinan